2 Langkah Mudah Menulis Rumus Kimia di Blog

Ini adalah solusi bagi blogger yang ingin menuliskan rumus-rumus Kimia atau rumus lainnya seperti matematika, fisika di blog

Bagi blogger yang ingin menuliskan rumus-rumus Kimia atau rumus lainnya seperti matematika, fisika di blog pada blogspot akan mengalami sedikit kendala. Karena penulisan kode-kode kimia atau rumus lainnya di blogspot formatnya tidak sama seperti kita mengetik di Microsoft Word.

Untuk itu kita coba sharing salah satu cara mudah bagaimana menuliskan persamaan atau rumus-rumus lainnya di blog terkhusus untuk blog yang menggunakan blogspot agar tulisannya terlihat rapi dan menarik. Menuliskan persamaan dengan menggunakan latex akan menghasilkan tampilan persamaan yang rapi dan bagus dilihatnya. Hanya perlu pembiasaan saja. Diperlukan beberapa kali untuk terbiasa dengan kode-kodenya, tapi sesering mungkin sesuai kebutuhan. Tidak pula mesti dihafalkan nanti juga akan hafal dengan sendirinya, apalagi kalau kita belajarnya sembari daring (online). Seperti yang saya lakukan untuk menuliskan beberapa rumus sederhana di blog ini.

Sebelum mulai langkah kepada penulisan pada postingan blog, tahap awal kita harus sisipkan kode HTML pada template yang kita gunakan.

<script async='async' src='http://cdn.mathjax.org/mathjax/latest/MathJax.js' type='text/javascript'>  
 MathJax.Hub.Config({  
 extensions: [&quot;tex2jax.js&quot;,&quot;TeX/AMSmath.js&quot;,&quot;TeX/AMSsymbols.js&quot;],  
 jax: [&quot;input/TeX&quot;, &quot;output/HTML-CSS&quot;],  
 tex2jax: {  
 inlineMath: [ [&#39;$&#39;,&#39;$&#39;], [&quot;\\(&quot;,&quot;\\)&quot;] ],  
 displayMath: [ [&#39;$$&#39;,&#39;$$&#39;], [&quot;\\[&quot;,&quot;\\]&quot;] ],  
 },  
 &quot;HTML-CSS&quot;: { availableFonts: [&quot;TeX&quot;] }  
 });  
 </script>
Sisipkan kode diatas ini di bawah </head>, umumnya terletak pada baris-baris terakhir pada kode template html blog. Pada blog ini kodenya ditempatkan di bawah </head> seperti yang terlihat di gambar berikut ini. Setelah selesai memasukan kode HTML atau script diatas jangan lupa klik simpan. Jika sudah berhasil disimpan pada template yang kita gunakan. Sekarang coba Anda menggunakannya,  Lalu bagaimana memakai dan menampilkannya di blogspot, sebagai contoh sederhana, misalkan Anda ingin menampilkan rumus urea. 
Maka langkah-langkahnya adalah: 
Langkah I: Pilih bentuk persamaan yang ingin kita tulis 
Langkah II: Tuliskan pada postingan blog dalam mode HTML seperti ini
CO(NH<sub>2</sub>)<sub>2</sub>

Maka hasilnya akan seperti ini:

CO(NH2)2

Sekian tutorial cara membuat rumus kimia di blog. Semoga bermanfaat buat kalian ya

Posting Komentar